Wednesday, July 27, 2011

Aplikasi Standar Untuk Warnet

Warnet adalah tempat umum, bukan tempat pribadi, jadi aplikasi yg seharusnya berada di komputer client pada warnet adalah aplikasi standar dan mudah digunakan. kebanyakan user berharap mendapat warnet yg nyaman, dan terkadang memenuhi kebutuhan download, upload, serta kemudahan memasang aplikasi bawaan sendiri melalui flashdisk.

Beberapa warnet yg pernah saya kunjungi terkadang tidak memenuhi permintaan itu, ada yg memblokir user untuk memasang aplikasi bawaan flashdisk atau download, ada juga yg menggunakan billing yg terlalu rumit untuk di mengerti user serta tampilan yg tidak umum (tidak seperti tampilan desktop pada umumnya), ada juga yg mencegah user untuk menggunakan flashdisk. padahal inti dari warnet itu adalah kenyamanan dan pemenuhan kebutuhan pelanggan (user). Point yg paling penting adalah warnet itu harus menutup dan memblokir konten pornografi, dan mencegah terjadinya pencurian data user, serta membatasi atau mencegah penggunaan chit engine.

Ok, inilah beberapa aplikasi standar yg lazim kita gunakan pada komputer client :
  • Anti Virus (usahakan cari yg membutuhkan sedikit beban kerja, serta menggunakan upload manual) saya menyarankan Smadav.
  • DeepFreez, berfungsi untuk membekukan drive komputer user, agar semua aktifitas user (data, password tersimpan, aplikasi terinstall, perubahan pada windows, atau virus) akan hilang dan kembali normal setelah di restart.
  • Billing (usahakan yg user friendly atau mudah di gunakan)
  • Browser, anda bisa gunakan Firefox (banyak addon yg bermanfaat), Opera, atupun Chrome. dan yg paling penting pastikan browser anda up-to-date.
  • Aplikasi pendukung internet, seperti Flash player, Java, Quick time, Yahoo Massanger.
  • Aplikasi Multimedia, seperti winamp, K-lite media player, photoshop.
  • Aplikasi Office dan adobe reader.
  • Mungkin dengan menambahkan Google Map, Game ringan, Download manager (dengan catatan anda telah memanage/membatasi bandwith client) akan menjadi point tambahan.


Selebihnya fungsi operator sangatlah penting, karena keluhan, troble dan monitoring client ada pada operator. tidak ada sistem yg sempurna semua bisa di bobol dan di manipulasi. Monitoring adalah kuncinya, selebihnya biarkan pelanggan anda berinspirasi dengan internet.

Caveman1982

No comments:

Post a Comment

Aplikasi Play Store untuk Teknisi Komputer

Sebagai teknisi komputer amatir dan autodidak seperti saya, kadang sering lupa dan menemui masalah di lapangan dan membutuhkan "manu...