Monday, June 29, 2009

Jika Windows Rusak Parah (Penyelamatan Data)

Sistem Operasi memang harus selalu di monitoring dari virus, file-file sementara, atau sampah registri yang menumpuk. tapi kalau kejadiannya windows terkena virus atau kerusakan file pendukung windows yang menyebabkan windows tidak dapat bekera sempurna, atau yang lebih parah lagi tidak dapat lagi masuk windows. Harus bagaimana....

Ada beberapa cara untuk menyelamatkan data dan trik agar dikemudian hari tidak repot kalau-kalau harus menginstal ulang windows kembali;


Yang perlu diketahui windows meletakkan default folder dokumen anda di Drive C, untuk menghindari hilangnya data pada waktu windows crash maka pindahkan folder dokumen anda ke drive lain seperti drive D (tentunya anda telah terlebih dahulu mempartisi hardisk anda). Untuk memindahkan posisi folder My Documents cukup mudah, caranya pada menu start klik lalu klik kanan pada My Documents, pada "Target folder location" pilih "Find target" dan buat folder baru pada drive D anda dan selanjutnya klik "move", data anda yang telah ada di folder dokumen akan secara otomatis di pindah ke drive D.

Bila anda tidak bisa masuk windows, maka cobalah masuk ke "safe mode" dengan menekan tombol F8, dan selamatkan data anda.

Bila anda tidak juga dapat masuk ke "safe mode" atau memang sama sekali windows tidak dapat loading, maka yang anda butuhkan adalah beberapa CD program bottable yang mempunyai aplikasi penyelamatan data. tapi kalau mau simple dan mudah, mungkin program "sistem operasi on cd" adalah cara terbaik. anda bisa memakai Windows Live CD, Damn Small Linux (DSL), atau aplikasi yang paling lengkap "Hiren's BootCD".

Kalau memang ternyata tidak punya peralatan pendukung, cara yang paling mudah copot hardisk yang bermasalah, pasang di komputer lain yang normal sebagai secondary partition, atau bisa memakai alat IDE, SATA to USB. lalu langsung amankan data anda.

Hanya memang cara diatas cuma untuk hardisk yang mempunyai masalah pada sistem operasi, buka masalah pada hardisk error atau crash. dan bila masalah anda seperti ini masih banyak jalan menuju roma, jangan menyerah.

No comments:

Post a Comment

Aplikasi Play Store untuk Teknisi Komputer

Sebagai teknisi komputer amatir dan autodidak seperti saya, kadang sering lupa dan menemui masalah di lapangan dan membutuhkan "manu...